Selasa, 12 Januari 2010

Demokrasi or demo-crazy

Demokrasi or Demo-Crazy



Reformasi telah lahir dan berumur 11 tahun,,harus kita akui reformasi telah membawa bangsa kepada tatanan hidup yang lebih baik,demokratif,dan terbuka di segala bidang.Salah satu tujuan dari reformasi adalah membuka keran kebebasan berpendapat dan berekspresi.Dengan demikian kita dapat menuangkan kreatifitas kita tanpa takut adanya kungkungan seperti yang terjadi di masa lalu.Demokrasi adalah landasan dari reformasi dan kebebasan berpendapat dan berekspresi adalah tolak ukurnya.
Namun ada sesuatu yang mulai menjadi trend dari demokrasi di era reformasi ini yaitu apa yang saya sebut dengan Demo-Crazy.Demo-crazy hanyalah arti kiasan dari kebiasaan kita saat ini yang kita takuti akan menjadi trend dengan apa yang saya sebut dengan kebablasan dari mengungkapkan pendapat dan aspirasi yang berujung pada kecenderungan berbuat anarki.Kecenderungan ini sudah hampir terjadi pada setiap aksi demo yang dilakukan oleh hampir semua pelaku demo,dengan tema yang berbeda-beda.Buntutnya bentrokpun terjadi antara pelaku demo dan petugas keamanan,berbagai fasilitas umumpun ikut rusak.Dan mata kitapun kembali disuguhi oleh pertunjukan apik penuh emosi dari dari pelaku demo dan petugas keamaman.Mereka beradu seolah kesatria gagah berani yang diadu dipanggung Gladiator Kaisar ketidakpercayaan dan keputusasaan akan satu hal yang disebut kebijakan atau penilaian.
Lalu siapa pemenangnya?bukan saya,bukan anda,bukan petugas keamanan atau polisi atau siapapun yang terlibat di dalamnya . Kita atau siapapun yang terlbat didalamnya tak akan mungkin menang , karena kita hanyalah figuran dalam panggung pertunjukan para pemegang kebijakan.Jangan biarkan demokrasi menjadi demo-crazy dengan emosi dan pemaksaan kehendak , Karena itu tidak akan membuat demokrasi berjalan lancar. Satu hal yang harus kita sadari bahwa tak ada satu kebijakan yang mampu memuaskan semua pihak.Hanya Allah yang mempunyai kuasa untuk itu.


3 Orang berbicara:

demo crazy deh kag keknya...
liat ajah skarang gmn??? iya kan???
hihihihihihihi....

wah thnak's bngt sering'y...
ini blog keren,hehee
sukses selalu ya...

banyak di antara kita yg belum siap akan terbuka keran kebebsan ini...hingga akhirnya mereka kembali memenjarakan diri mereka kembali di balik ekstrimsme (baik itu agama, ideologi, atau bentuk apapun)
Good post

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan. readbud - get paid to read and rate articles