Minggu, 11 April 2010

Hasrat untuk menjadi penting dan dihargai


Ketika anda ditanya “apa yang anda inginkan ?”Jawaban anda mungkin beragam ,ada yang bilang harta ,kebahagiaan ,kekayaan ,uang ,makan ,kepuasan seksual ,teman ,pacar ,kesehatan ,kesejahteraan anak-anak ,dan sebagainya .Hampir semua itu mungkin saja bisa tercapai .Namun ada satu hal yang jarang diungkapkan oleh siapapun tapi merupakan hal yang paling diinginkan ,yaitu “hasrat menjadi penting dan dihargai “ . Setiap orang pada dasarnya menyukai pujian dan penghargaan , oleh karena prinsip paling dalam pada sifat dasar manusia adalah kebutuhan untuk dihargai .
Hasrat untuk menjadi penting dan dihargai adalah salah satu hal yang membedakan manusia dengan binatang .Untuk menggambarkannya saya akan coba buat satu contoh sederhana .Seorang pemuda bernama Robert dan anjingnya yang bernama Dogy ikut serta dalam perlombaan atau kontes anjing .Setelah mengikuti beberapa tes dan penjurian Robert dan anjingnya Dogy akhirnya terpilih menjadi juara pada kontes tersebut .Keduanya oleh panitia mendapatkan piala dan medali ,Robert dengan bangga memegang dan memamerkan pialanya , sedangkan Dogy hanya terdiam seperti anjing linglung saat dikalungi medali . Dogy sama sekali tidak peduli dengan medali itu ,Tapi Robert peduli ,piala ini memberinya rasa penting dan dihargai .
Kalau saja orang-orang dulu yang hidup jauh sebelum kita tidak mempunyai hasrat dan keinginan tersebut ,mungkin saja peradsaban takkan terjadi dan dunia takkan seperti sekarang ini .Untuk apa Fir’aun membangun piramid ? kalau tidak memiliki hasrat untuk dianggap penting atau hasrat unuk dihargai .Hasrat inilah yang membuat manusia bekerja dan berusaha sekuat tenaga untuk menggapai cita-citanya .Hasrat menjadi penting dan dihargai membuat kita bekerja keras membahagiakan keluarga dan orang yang kita cintai .Tapi hasrat ini pula yang membuat kita jadi patah arang dan gila apabila kita merasa diabaikan dan disingkirkan dalam kehidupan .
Jadi seberapa pentingkah diri anda untuk dihargai ?Atau seberapa pentingkah penghargaan itu bagi anda buat orang lain ?

1 Orang berbicara:

kadang ina kesel kag...
Na selalu bisa ngertiin orang, bisa ngehargai...
tpi knp mereka gag bisa ngertiin ina??

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan. readbud - get paid to read and rate articles