Minggu, 11 Oktober 2009

Gempa antara bencana dan augerah


Gempa Bumi antara bencana dan anugerah

Gempa bumi lagi-lagi mengguncang Indonesia,Bumi pertiwi kembali meratap jatuh dan menangis.Meratapi anak-anak negeri yang kembali menjadi korban akibat gempa bumi,yang seolah-olah menjadi langganan bagi Indonesia.Hampir tiap tahun gempa selalu menyambangi bahkan bisa berkali-kali terjadi dalam setahun bahkan sebulan.
Gempa bumi terjadi akibat pergerakan atau pergeseran lempeng bumi yang berada jauh dibawah permukaan tanah.Yang harus kita ketahui gempa sebenarnya tidak membunuh,melainkan infrastruktur yang ada disekitar kita dan longsor yang menelan korban jiwa.Akibat gerakan lempeng bumi yang yang bumi bergetar,sehingga mengakibatkan rumah,jempatan,atap rubuh dan tebing longsor dan menimpa siapa saja yang ada disekitarnya.Yang jadi persoalan sekarang adalah siapkah kita menghadapi gempa yang pasti akan terjadi kembali?Mampukah kita belajar dan mendapatkan solusi dari kejadian tersebut?
Sekedar informasi saja Negara kita berada tepat pada 4 lempengan bumi yang aktif,dan hampir seluruh wilayah Indonesia rawan gempa.Daerah yang paling rawan gempa diantarnya daerah pesisir Sumatra,Jawa bagian selatan,Flores dan sebagian wilayah Maluku,Papua,dan Sulawesi bagian utara.Dan salah satu patahan bumi tersebut dikenal dengan nama “Ring Of Fire”.Merupakan patahan Bumi terpanjang yang berbentuk lingkaran dan berputar dari Indonesia kelaut China selata,Jepang,Rusia,Pesisir Barat benua Amerika,dan New Sealan.
Tapi tahukah anda kalau pergerakan lempeng bumi tersebut selain mengakibatkan gempa juga memberi manfaat bagi kita?Mengapa demikian?Menurut hasil penelitian pergerakan lempeng bumi selain menyebabkan gempa bumi dan tsunami juga mengakibatkan meningkatnya kadar kesuburan tanah,dan munculnya hasil tambang baru yang dulu tersembunyi jauh dibawah perut bumi.Jadi jangan heran jika negeri kita ini terkenal dengan kesuburan tanahnya dan melimpahnya hasil bumi terutama hasil tambangnya.
Gempa bumi adalah bencana alam yang berbahaya dan hampir selalu menelan korban jiwa ini jelas sebuah bencana.Tapi kita adalah manusia mahkluk paling superior di muka bumi,makhluk paling mulia di mata ALLAH Swt,jangan sampai kita dikalahkan gempa bumi.Kita pasti bisa mencari solusi untuk ini dan menerapkannya untuk mengatasi bencana ini dan menjadikan sumber tambang dan suburnya tanah pasca gempa sebagai anugerah di balik bencana.

Mohon maaf bila ada tulisan saya kurang berkenan dihati anda yang membaca.
Wassalam
Halimin


Tips menghadapi gempa

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dan harus kita praktekkan untuk menghadapi gempa bumi.
1.   Yang pertama adalah bila anda berada dalam ruangan atau rumah adalah segera berlari keluar dan mencari tempat yang lapang.
2.   Bila anda berada di daerah pegunungan berusahalah mejauh dari dari daerah bibir tebing atau bukit dan lembah.
3.   Bila anda berada di daerah pesisir carilah tempat yang lebih tinggi dan jangan mencari tempat dekat tebing yang sudah gundul.
4.   Yang paling penting adalah adalah lakukan simulasi mengatasi gempa sesering mungkin disekolah,instansi pemerintah,didesa,kecamatan bahkan di setiap rumah.Bila perlu jadikan itu sebagai kegaiatan wajib setiap minggunya.
5.   Jangan menebang pohon sembarangan terutama di daerah perbukitan.
6.   Bangunlah rumah atau gedung yang konstruksinya kuat dan tahan gempa.Ini sangat penting karena kebanyakan korban gempa tewas akibat tertimpa beton dan rumahnya sendiri.

Semoga tips saya ini bermanfaat.Terima kasih.
Halimin

2 Orang berbicara:

seharusnya harus ditanamkan sejak dini jadinya kalo gempa langsung reflek apa yang harus dilakukan....
Salam kenal....

Kapan2 maen ke blog gw y...

Lowongan Kerja di update tiap hari (Freelance, Fresh Graduate, Employee) .......KLIK DISINI

sedikit menambahkan... bumi sendiri bukankah tercipta dengan berbagai permasalahan.. ingat revolusi industri? ingat bagaimana jepang di hujam bom atom?.. setidaknya... kehidupan manusia selalu berubah dan berubah.. semoga dengan banyaknya permasalahan yang terjadi dimuka bumi semakin bertambah pula kemajuan peradaban makhluk dimuka bumi.. (termasuk gempa di indonesia)

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan. readbud - get paid to read and rate articles